No image available for this title

Lap. KTI

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Apotik Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Juli 2017



ABSTRAK

Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan terdepan yang paling mudah dijangkau oleh masyarakat, dengan demikian Puskesmas diharapkan memberikan pelayanan kesehatan yang prima untuk memberikan kepuasaan pelayanan kepada pasien. Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas. Semakin baik tingkat pelayanan kefarmasian akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Adanya ketidakseimbangan antara jumlah tenaga kesehatan dengan pasien yang dilayani di Puskesmas bisa berpengaruh dengan tingkat kepuasan pasien, utamanya pada pelayanan farmasi di apotek. Selain itu juga lonjakan jumlah pasien ini membuat petugas kesehatan utamanya tenaga farmasi tidak mampu memberikan pelayan prima kepada pasien karena terjadinya tumpukan resep. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di apotek Puskesmas Kecamatan Duren Sawit. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tehnik pengambilan sampel dengan mengunakan tehnik slovin dengan populasi 6200 responden sebanyak 376 pasien. Hasil penelitian menunjukkan responden menyatakan puas terhadap keramahan petugas apotek (45.2%), penampilan petugas apotek (40,7%). dan waktu tunggu (31,6%), sedangkan responden menyatakan sangat puas terhadap kejelasan informasi obat (47,4%), kenyamanan ruang tunggu (46%). dan ketersediaan obat (43,1%).



Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Gambaran, Pelayanan Farmasi, Puskesmas


Ketersediaan

KTI-39-2017Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-39-2017
Penerbit : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
19 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422114045
Klasifikasi
KTI-39-2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this