No image available for this title

Lap. KTI

Gambaran kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Apotek Puspita Cipinang Muara Jakarta Timur Periode Mei 2019



ABSTRAK
Kesehatan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kualitas hidup manusia. Rendahnya kualitas kesehatan seseorang akan berdampak dengan produktivitas kehidupannya, itulah sebabnya perlu berbagai macam cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu kesehatan. Salah satu cara dalam peningkatan mutu kekuatan adalah membenahi sektor pelayanan kesehatan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kefarmasian di apotek, perlu dilakukan evaluasi dengan menilai kepuasan pasien. Apotek merupakan suatu tempat tertentu untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran obat kepada masyarakat. Tugas dan fungsi apotek adalah tempat pengabdian apoteker yang telah mengucapkan sumpah jabatan, sarana farmasi untuk melaksanakan peracikan, pengubahan bentuk, pencampuran dan penyerahan obat, dan sarana penyalur perbekalan farmasi, termasuk obat yang diperlukan masyarakat, secara luas dan merata.Penelitian ini dilaksanakan di Apotek Puspita Cipinang Muara dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Apotek Apotek Puspita Cipinang Muara Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang dilakukan secara observational dimana populasinya adalah pasien atau keluarga pasien yang menebus resep obat, membeli obat di Apotek Puspita Cipinang Muara yang diambil dengan metode Accidental Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 responden. Alat analisi yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Berdasarkan Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Apotek Puspita Cipinang Muara Jakarta Timur menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan terbesar pada dimensi jaminan (85,55), dimensi ketanggapan (82,27) pada dimensi empati (81,87),selanjutnya dimensi kehandalan (80,29) dan yang terakhir dimensi bukti langsung (79,10) sehingga presentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Apotek Puspita Cipinang Muara Jakarta Timur secara keseluruhan sebesar 81,82 dengan klasifikasi kepuasan adalah sangat puas


Ketersediaan

KTI-022-2019Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-022-2019
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
55 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422116037
Klasifikasi
KTI-022-2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this