No image available for this title

Lap. KTI

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Program Rujuk Balik di Apotek Kimia Farma Jati Asih Bekasi Periode Juli-Agustus 2019



ABSTRAK
Kesehatan adalah suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan. Upaya kesehatan merupakan kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Dalam hal ini Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Kepuasan pasien memiliki arti penting karena dapat menentukan kinerja bagi petugas kesehatan di Apotek. Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Program Rujuk Balik BPJS merupakan program baru dari pemerintah, kepuasan pasien Program Rujuk Balik merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Apotek sebagai salah satu pelayanan kesehatan dasar memiliki tantangan dalam memberikan pelayanan di Apotek dengan memenuhi harapan masyarakat akan mutu pelayanan dan sarana kesehatan yang memadai, terjangkau dan nyaman serta memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kepuasan pasien Program Rujuk Balik terhadapa pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Jati Asih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien Program Rujuk Balik terhadapa pelayanan kefarmasian di Apotek Kimia Farma Jati Asih yang dilihat dari dimensi Ketampakan fisik, Empati, Handal, Pertanggung jawaban, dan Jaminan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 117 responden. Penelitian data ini menggunakan data primer yaitu suatu teknik pemngambilan data yang dilakukan melelui beberapa pertanyaan dalam bentuk kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden cukup puas, diantaranya diperoleh penilaian responden terhadap dimensi Ketampakan fisik paling banyak adalah cukup puas sebanyak 59 responden (50,42%), penilaian responden terhadap dimensi Empati paling banyak adalah cukup puas sebanyak 51 responden (43,58%), penilaian responden terhadap dimensi Handal paling banyak adalah cukup puas sebanyak 41 responden (35,04%), penilaian responden terhadap dimensi Pertanggung jawaban paling banyak adalah cukup puas sebanyak 52 responden (44,45%), penilaian responden terhadap dimensi Kepastian paling banyak adalah puas sebanyak 49 responden (41,89%).


Ketersediaan

KTI-035-2019Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-035-2019
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
53 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422116047
Klasifikasi
KTI-035-2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this