Detail Cantuman
Advanced Search
Lap. KTI
Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Klinik Pratama Condet Jaya Periode Mei 2019
ABSTRAK Pelayanan kefarmasian merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Condet Jaya. Semakin baik tingkat pelayanan kefarmasian akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Pasien merasa puas apabila pelayanan kesehatan yang diperoleh seperti apa yang diharapkan. Untuk mengukur kepuasan pasien di Klinik Pratama Condet Jaya sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pasien dapat di ukur dengan metode SERVQUAL (SERVICE QUALITY) dengan cara membuat survey penilaian kepuasan pelanggan secara komprehensif bagi pelayanan di bidang barang dan jasa yang mengutamakan pelayanan kefarmasian. Analisis kepuasan pelanggan dilakukan berdasarkan lima dimensi kualitas layanan, yakni responsiveness, reability, assurance, empathy, dan tangible. Dari datadilihat bahwa jumlah kunjungan pasien Klinik Pratama Condet Jaya dalam 5 bulan terakhir ditahun 2018 masih sangat fluktuatif. Dari data tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di klinik pratama condet jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Pratama Condet Jaya, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif.Jenis penelitian ini penelitian non eksperimen yang merupakan jenis penelitian untuk mengetahui suatu gambaran dari populasi dan sampel. Dari rata-rata jumlah populasi selama satu bulan yaitu 859 pasien diambil jumlah sampel yang digunakan sebanyak 273 pasien sebagai responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien Klinik Pratama Condet Jaya yang telah berkunjung lebih dari tiga kali. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian responden terhadap dimensi reliabilitas terbesar adalah puas sebanyak 167 responden (61,18%), penilaian responden terhadap dimensi ketanggapan terbesar adalah puas sebanyak 202 responden (74,00%), penilaian responden terhadap dimensi jaminanterbesar adalah sangat puas sebanyak 169 responden (61,90%), penilaian responden terhadap dimensi empatiterbesar adalah puas sebanyak 213 responden (78,02%), penilaian responden terhadap dimensi bukti fisik terbesar adalah puas sebanyak 211 responden (77,29%), dan penilaian responden terhadap seluruh dimensi terbesar adalah puas sebanyak 179 responden (65,56%)
Ketersediaan
KTI-103-2019 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-103-2019
|
Penerbit | : ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
75 hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422116334
|
Klasifikasi |
KTI-103-2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain