No image available for this title

Lap. KTI

Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Tugu Indah Bulan Juni 2019



ABSTRAK
Salah satu upaya pembangunan dalam bidang kesehatan adalah tesediannya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya. Kepuasan pasien apotek atau institusi pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh faktor, antara lain yang berhubungan dengan pendekatan atau perilaku petugas, respon petugas pada saat pasien pertama kali datang, mutu informasi apa yang diterima, seperti apa yang dikerjakan, apa yang dapat diharapkan dan prosedur pelayanan yang diberikan. Di Apotek Tugu Indah untuk mengetahui puas atau tidaknya pelayanan yang diberikan dapat dilihat dari pasien yang datang membeli obat dan menebus resep di Apotek Tugu Indah lebih dari satu kali kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Apotek Tugu Indah. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Apotek Tugu Indah, sehingga dapat diketahui unsur yang dipertahankan dan diperbaiki oleh apotek dan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Apotek Tugu Indah diukur dengan menggunakan kelima dimensi kepuasan yaitu bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Jenis penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui suatu gambaran dari populasi dan sampel. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random sampling (pengambilan sampel secara acak), Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer, jumlah sampel sebanyak 90 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penilaian responden terhadap kelima dimensi kepuasan yaitu sangat puas dimensi bukti langsung 82,2%, kehandalan 78,1%, daya tanggap 76,4%, Jaminan 80,6% dan empati 77,9%. Penilaian kepuasan tertinggi terdapat pada dimensi bukti langsung yaitu sebanyak 82,2% dan penilaian kepuasan terendah terdapat pada dimensi daya tanggap yaitu sebanyak 76,4%. Secara keseluruhan kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Apotek Tugu Indah Bulan Juni 2019, responden yang merasa puas sebanyak 76%, responden merasa sangat puas sebanyak 17,33%, responden merasa cukup puas 6,67%, responden merasa kurang puas 0% dan responden merasa tidak puas 0%.


Ketersediaan

KTI-108-2019Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-108-2019
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
64 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422116325
Klasifikasi
KTI-108-2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this