Detail Cantuman
Advanced Search
Lap. KTI
Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Zino Farma Bulan Juni 2019
ABSTRAK
Analisis kepuasan pelanggan dilakukan berdasarkan tiga dimensi kualitas layanan, yakni keramahan, ketersediaan stok barang, dan pemberian informasi obat. Konsumen bisa mengalami salah satu dari tiga tingkat kepuasan secara umum yaitu jika kinerja di bawah harapan, konsumen akan merasa kecewa tetapi jika kinerja sesuai dengan harapan, konsumen akan merasa puas dan bila kinerja bisa melebihi harapan maka konsumen akan merasakan sangat puas, senang atau gembira. Apotek Zino Farma adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang didalamya terdapat pelayanan kefarmasian yang diberikan kepada pasien secara umum, sehingga harus memperhatikan kepuasan pasien. Di Apotek Zino Farma untuk mengetahui puas atau tidaknya pelayanan yang diberikan dapat dilihat dari pasien datang membeli obat bebas, serta OTC di Apotek Zino Farma yang lebih dari satu kali kunjungan. Apotek Zino Farma banyak dikunjungi pasien berkisar hampir 100 pasien disetiap harinya. Pada bulan November- Desember 2018 terjadi penurunan jumlah pasien dan juga mempengaruhi pemasukan yang di dapatkan Apotek Zino Farma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Zino Farma. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen yang merupakan jenis penelitian untuk mengetahui suatu gambaran dari populasi dan sampel. Dari populasi 3450 pasien perbulan diambil sampel sebanyak 359 pasien sebagai responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien Apotek Zino Farma. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian responden terhadap seluruh dimensi adalah 72,42% responden menyatakan puas dapat dirincikan sebagai berikut: dimensi keramahan menyatakan puas sebanyak 43,17% responden. Penilaian responden terhadap dimensi ketersediaan stok barang menyatakan puas sebanyak 77,16% responden. Penilaian responden terhadap dimensi pemberian informasi obat menyatakan puas sebanyak 82,17% responden.
Ketersediaan
KTI-163-2019 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-163-2019
|
Penerbit | : ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
57 Hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422116188
|
Klasifikasi |
KTI-163-2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain