Detail Cantuman
Advanced Search
Lap. KTI
Gambaran Kepuasan Perawat Terhadap Pelayanan Unit Dose Dispensing (UDD) Pada Dimensi Reliability, Responsiveness dan Assurance di Rumah Sakit Pertamina Bulan Maret 2019
ABSTRAK
Unit Dose Dispensing (UDD) merupakan bagian dari sistem distribusi desentralisasi yang sangat dianjurkan untuk pasien rawat inap. Karena sistem ini memiliki keuntungan antara lain mengurangi terjadinya medication error, menghindari duplikasi permintaan obat, menurunkan total biaya pengobatan pasien, menghindari kemungkinan terbuangnya obat dan lain sebagainya. Selain itu sistem UDD juga dapat meminimalkan tingkat kesalahan sampai dengan 5% dibanding dengan sistem floor stock atau sistem resep individu yang mencapai 18%. Dalam pelaksanaannya perawat merupakan salah satu pelanggan internal yang berhubungan langsung dengan penerapan sistem UDD di rawat inap. Sistem ini mampu mengefisienkan tenaga perawat dalam asuhan keperawatan sehingga perawat lebih fokus kepada pasien, karena semua perbekalan farmasi yang dibutuhkan disiapkan oleh Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) telah menerapkan sistem UDD pada pasien rawat inap sejak bulan Desember tahun 2013. Sejak dimulainya penerapan sistem ini, belum pernah dilakukan evaluasi terkait kepuasan pelanggan internal sehingga tidak dapat diketahui apakah penerapannya berjalan dengan baik atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan perawat terhadap pelayanan UDD di RSPP berdasarkan Standar Prosedur Operasional (SPO) yang mencakup 3 dimensi kepuasan pelanggan yaitu dimensi kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) dan jaminan kepastian (assurance). Metode yang digunakan termasuk kedalam penelitian deskriptif karena dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk penyajian data. Hasil penelitian yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada 144 responden menunjukan bahwa tingkat kepuasan pada dimensi kehandalan (reliability) adalah 71,88%, daya tanggap (responsiveness) 72,66% dan pada dimensi jaminan kepastian (asuurance) 76,02%. Simpulan yang didapat bahwa tingkat kepuasan dari pelayanan UDD di RSPP bulan Maret 2019 pada ketiga dimensi kepuasan termasuk dalam kategori puas.
Ketersediaan
KTI-209-2019 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-209-2019
|
Penerbit | : ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
85 Hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422116159
|
Klasifikasi |
KTI-209-2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain