Detail Cantuman
Advanced Search
Lap. KTI
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSIA Bunda Jakarta Bulan Juni 2019
ABSTRAK
Pelayanan kefarmasian mempunyai peranan startegis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan yang kurang optimal dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien. Kualitas pelayanan rumah sakit adalah derajat kesempurnaan rumah sakit untuk memenuhi permintaan konsumen. Dan kepuasan adalah reaksi emosional terhadap kualitas pelayanan yang dirasakan dan kualitas pelayanan yang dirasakan merupakan pendapat menyeluruh atau sikap yang berhubungan dengan keutamaan pelayanan. Dengan kata lain kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan yang dipandang dari kepentingan konsumen dalam hal ini adalah pasien. Pasien akan merasa puas apabila ada persamaan harapan dan kenyataan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan, oleh karena itu penulis ingin mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSIA Bunda Jakarta. Penelitian ini merupakan penilitian yang menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSIA Bunda Jakarta. Penelitian dilaksanakan melalui penyebaran kuisioner yang dilakukan di RSIA Bunda Jakarta pada Bulan Juni 2019. Sampel sebanyak 360 responden dan penyebaran kuisioner berisi lima dimensi utama yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan(assurances), empati (emphaty), dan bukti langsung (tangible).Dari hasil perhitungan dan analisa data, pada masing-masing dimensi diperoleh sebagai berikut: dimensi realibitas 3.88 menyatakan responden puas, daya tanggap 3.72 menyatakan puas, jaminan 3.86 menyatakan puas, empati 3,72 menyatakan puas, dan bukti fisik 3,68 menyatakan puas. Secara keseluruhan 5 dimensi (realibilty,responsiveness, assurance, empahty, tangible ) didapat rata-rata hasil nilai 3,77. Dan berdasarkan hasil data tersebut maka dapat diartikan bahwa pasien yang datang untuk menebusresep di Instalasi Farmasi RSIA Bunda Jakarta merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh petugas farmasi RSIA Bunda Jakrta.
Ketersediaan
KTI-221-2019 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-221-2019
|
Penerbit | : ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
82 Hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422116221
|
Klasifikasi |
KTI-221-2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain