Detail Cantuman
Advanced Search
Lap. KTI
Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Erha Dermacenter Kelapa Gading Periode Maret-Mei 2019
ABSTRAK
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan tentang Klinik pada tahun 2014, Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis. Klinik dibagi menjadi dua jenis yaitu klinik pratama dan klinik utama. Klinik Erha Dermacenter Kelapa Gading termasuk kedalam jenis Klinik utama. Pelayanan kefarmasian menurut peraturan pemerintahan RI No.51 tahun 2009 adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab pada pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan kehidupan pasien. Kepuasan yaitu perasaan senang atau kecewa dari seorang yang mendapat kesan dari membandingkan hasil pelayanan kinerja dariharapan-harapannya. Pelayanan kefarmasian dapat diukur berdasarkan lima dimensi yaitu ketanggapan (responsivennes), keandalan (reliability), empati (empathy), jaminan (assurance), dan bukti langsung (tangible). Faktor kepuasan pasien dapat diukur dengan faktor kompetisi, faktor keterjangkauan, faktor ambience, faktor sistem, faktor kelembutan, faktor kenyamanan, dan faktor waktu pelayanan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan dimensi ketanggapan, keandalan, empati, jaminan, dan bukti langsung. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Erha Dermacenter Kelapa Gading. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh bahwa jumlah pasien yang berjenis kelamin perempuan lebih banyak. Hal ini dikarenakan perempuan lebih peduli akan kesehatan kulitnya. Hasil penelitian jumlah kunjungan pasien berdasarkan umur yang paling banyak berkunjung adalah 17-26 tahun yang terendah adalah >60 tahun hal ini dikarenakan umur >60 seringkali diwakilkan oleh keluarga pasien. Hasil penelitian tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di Erha Dermacenter Kelapa Gading menunjukan bahwa presepsi tingkat kepuasan terbesar pada dimensi empati (84,65), dimensi ketanggapan (84,64), dimensi keandalan (83,25), dimensi jaminan (83,18), dan yang terakhir dimensi bukti langsung (82,27). Sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap pelyanan farmasi di Erha Dermacenter Kelapa Gading secara keseluruhan sebesar (83,60) dengan klasifikasi sangat puas.
Ketersediaan
KTI-222-2019 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-222-2019
|
Penerbit | : ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
64 Hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422116222
|
Klasifikasi |
KTI-222-2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain