Detail Cantuman
Advanced Search
Lap. KTI
Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura Periode Maret 2019
ABSTRAK
Rumah sakit merupakan salah satu dari sarana kesehatan, rujukan pelayanan kesehatan dengan fungsi utama menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat pencegahan, penyembuhan dan pemulihan bagi pasien. Pelayanan kefarmasian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem Pelayanan kesehatan Rumah Sakit. Kualitas pelayanan rumah sakit mempunyai dua komponen, yaitu pemenuhan terhadap standar mutu yang telah ditetapkan dan pemenuhan akan kepuasan pelanggan. Rumah sakit harus memberikan pelayanan yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Perbaikan kualitas pelayanan kesehatan dapat dimulai dengan mengevaluasi setiap unsur-unsur yang berperan dalam membentuk kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan obat berdasarkan faktor berwujud, empati, cepat tanggap, keandalan dan kepastian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura pada bulan Maret 2019. Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental sampling dengan jumlah responden 100. Penilaian tingkat kepuasan pasien dilakukan dengan cara menjumlahkan nilai total semua pertanyaan dari parameter penilaian yang terdiri dari ketersedianya fasilitas, pelayanan petugas farmasi dan keseluruhan pelayanan.Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa dalam aspek kepuasan terhadap faktor berwujud, didapat total rata-rata kepuasan pasien sebesar 64,95 % yang artinya puas. Dalam aspek kepuasan terhadap faktor empati, didapat total rata- rata kepuasan pasien sebesar 56,70 % yang artinya cukup puas. Dalam aspek kepuasan terhadap faktor cepat tanggap, didapat total rata-rata kepuasan pasien sebesar 68,93 % yang artinya puas. Dalam aspek kepuasan terhadap faktor keandalan, didapat total rata-rata kepuasan pasien sebesar 73,76 % yang artinya puas. Dalam aspek kepuasan terhadap faktor cepat kepastian, didapat total rata-rata kepuasan pasien sebesar 69,55 % yang artinya puas.
Ketersediaan
KTI-245-2019 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-245-2019
|
Penerbit | : ., 2019 |
Deskripsi Fisik |
65 Hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422116267
|
Klasifikasi |
KTI-245-2019
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain