No image available for this title

Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Program Rujuk Balik Jaminan Kesehatan Nasional Di Apotek



ABSTRAK Peningkatan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan kelompok usia lanjut menyebabkan meningkatnya jumlah peserta BPJS Kesehatan yang memiliki resiko penyakit kronis. Pengobatan penyakit kronis yang dilakukan seumur hidup berdampak pada peningkatan biaya kesehatan, sehingga dibutuhkan program rujuk balik BPJS sebagai salah satu upaya perwujudannya. Tujuan penelitian untuk Mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek. Metode yang digunakan menggunakan literatur review. Berdasarkan studi ini diketahui bahwa dimensi yang memiliki nilai tertinngi persentase sangat puas dan puas yaitu dimensi keramahan sebesar 97,4%. Dan yang memiliki nilai tidak puas dari 5 dimensi yaitu dimensi ketanggapan sebesar 0,5% . Secara umum, persentase kepuasan rata-rata untuk seluruh dimensi pelayanan adalah 94,5% pasien menyatakan puas dan sangat puas. sebagian pasien BPJS merasa kurang puas terhadap semua obat dalam resep masuk dalam tanggungan biaya BPJS dan ketersediaan semua obat dalam resep yang ditanggung BPJS di Apotek. Agar PRB terlaksana dengan optimal maka perlu perbaikan terhadap elemen-elemen penunjang lainnya. Kepuasan pasien yang masih perlu ditingkatkan adalah jenis-jenis obat yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan dan memfokuskan kelengkapan obat PRB yang tersedia untuk pasien BPJS agar pasien mau datang kembali untuk menggunakan fasilitas kesehatan yang sudah diberikan oleh pemerintah


Ketersediaan

KTI-011-2021Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-011-2021
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
48 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422117118
Klasifikasi
KTI-011-2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this