No image available for this title

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek



ABSTRAK Pelayanan kefarmasian pada saat ini telah bergeser orientasinya dari obat ke pasien yang mengacu kepada pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care). Pelayanan yang semula hanya berfokus pada pengelolaan obat (drug oriented) lalu menjadi pelayanan terhadap pasien (patient oriented), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kepuasan konsumen berkaitan erat dengan kualitas pelayanan yaitu menyesuaikan dengan harapan konsumen secara konsisten, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga konsistensi pelayanan kefarmasian yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek terhadap 5 dimensi yaitu Responsiveness (ketanggapan),Assurance (jaminan), Tangible (bukti langsung), Empathy (empati), dan Reliability (kehandalan). Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan artikel menggunakan pencarian database google scholar dan crossref, artikel yang digunakan merupakan jurnal ber-ISSN terbitan 10 tahun terakhir. artikel yang diperoleh dilakukan cek duplikasi kemudian artikel dilakukan pengecekan abstrak dan artikel lengkap disesuaikan kriteria inklusi intervensi oleh peneliti. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel yang membahas tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek. Dari hasil penelitian ini jumlah artikel yang terpilih sebnyak 2 artikel. Disimpulkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian diapotek pada artikel pertama dengan nilai tertinggi pada dimensi empathy yaitu sebnyak 69,8% masuk kedalam kategori puas, sedangkan pada artikel kedua dengan nilai tertinggi pada dimensi tangible yaitu sebnyak 83,76% masuk kedalam katageri puas.


Ketersediaan

KTI-052-2021Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-052-2021
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
73 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422118045
Klasifikasi
KTI-052-2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this