Detail Cantuman
Advanced Search
Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tebet Bulan Mei 2021
ABSTRAK Kepuasan konsumen atau kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai tolak ukur atau evaluasi untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Dalam pelayanan kefarmasian , kepuasan pasien merupakan harapan tinggi terhadap tingkat perasaan sesorang yang muncul didalam dirinya setalah mendapatkan pelayanan yang dirasa sesuai atau lebih dari harapannya. Pengukuran kepuasan pelanggan dapat dilihat dari 5 dimensi kualitas pelayanan, yaitu kehandalan, daya tanggap, empati, bukti langsung, dan jaminan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Tebet bulan Mei 2021. Desain penelitian ini menggunakan desain non- eksperimental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Agustus tahun 2021 di Rumah Sakit Tebet dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 380 responden yang diambil secara acak dari keseluruhan pasien yang berkunjung ke instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Tebet. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan lima dimensi kualitas jasa yaitu yang dianalisis dengan menggunakan persentase dan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan dimensi Bukti fisik memperoleh persentase 50,50 % (Cukup Puas) Kehandalan 66,15 % (Puas) Daya Tanggap 48,40 % (Cukup Puas) Jaminan 57,77% (Cukup Puas) Empati 63,04% (Puas). Secara keseluruhan,kesimpulan rata-rata persentase interpretasi skor tentang kepuasan pasien di Instalasi farmasi Rumah Sakit Tebet sebesar 57,17% yang artinya masuk dalam kategori cukup puas.
Ketersediaan
KTI-123-2021 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
KTI-123-2021
|
Penerbit | : ., 2021 |
Deskripsi Fisik |
98 Hal
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3422118128
|
Klasifikasi |
KTI-123-2021
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain