No image available for this title

Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tebet Bulan Mei 2021



ABSTRAK Kepuasan konsumen atau kepuasan pasien dapat dikatakan sebagai tolak ukur atau evaluasi untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Dalam pelayanan kefarmasian , kepuasan pasien merupakan harapan tinggi terhadap tingkat perasaan sesorang yang muncul didalam dirinya setalah mendapatkan pelayanan yang dirasa sesuai atau lebih dari harapannya. Pengukuran kepuasan pelanggan dapat dilihat dari 5 dimensi kualitas pelayanan, yaitu kehandalan, daya tanggap, empati, bukti langsung, dan jaminan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Tebet bulan Mei 2021. Desain penelitian ini menggunakan desain non- eksperimental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik sampling secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Agustus tahun 2021 di Rumah Sakit Tebet dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 380 responden yang diambil secara acak dari keseluruhan pasien yang berkunjung ke instalasi farmasi rawat jalan Rumah Sakit Tebet. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan lima dimensi kualitas jasa yaitu yang dianalisis dengan menggunakan persentase dan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan dimensi Bukti fisik memperoleh persentase 50,50 % (Cukup Puas) Kehandalan 66,15 % (Puas) Daya Tanggap 48,40 % (Cukup Puas) Jaminan 57,77% (Cukup Puas) Empati 63,04% (Puas). Secara keseluruhan,kesimpulan rata-rata persentase interpretasi skor tentang kepuasan pasien di Instalasi farmasi Rumah Sakit Tebet sebesar 57,17% yang artinya masuk dalam kategori cukup puas.


Ketersediaan

KTI-123-2021Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-123-2021
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
98 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422118128
Klasifikasi
KTI-123-2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this