No image available for this title

Lap. KTI

Gambaran Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Budhi Pratama Jakarta Timur April 2020



ABSTRAK Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang disingkat BPJS Kesehatan merupakan suatu badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan di Indonesia. Pelayanan kesehatan yang dijamin BPJS terdiri dari pelayanan tingkat pertama yang termasuk didalamnya yaitu pelayanan kefarmasian. Kepuasan pasien merupakan suatu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kesehatan. Analisis kepuasan dilakukan bedasarkan lima dimensi, yaitu responsiveness, reliability, assuance, empathy, dan tangible. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitaif yang menggambakan kepuasan pasien. Kemudian dilakukan uji pendahuluan dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 pasien yang didalamnya terdapat 15 macam pertanyaan, diperoleh sebanyak 22 pasien (73,33%) pasien menyatakan tidak puas dan 8 pasien (26,66%) menyatakan puas terhadap pelayanan kefarmasian.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Budhi Pratama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang diambil sebanyak 98 pasien sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan tentang kepuasan pasien BPJS di Klinik Budhi Pratama terhadap pelayanan kefarmasian mengunakan kuesioner yang telah divaliditas dari 25 pernyataan dengan hasil 25 pernyataan yang dinyatakan valid. Dari 5 dimensi pelayanan dapat disimpulkan rata-rata puas dan sangat puas berturut-turut dari dimensi bukti (tangible) 94,88%, jaminan (assurance) 94,90%, kehandalan (reliabiliy) 92,85%, keramahan (emphaty) 94,90%, dan ketanggapan (responsiveness) 98,85%.


Ketersediaan

KTI-177-2020Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KTI-177-2020
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
62 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3422117023
Klasifikasi
KTI-177-2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this